A Week in Bali [Part 2/2]

Masih tentang pengalaman ku selama di Bali. Jadi kan setelah mendengar cerita dari Mas Wahid tentang Bali dan kehidupannya, aku berpikir ulang dan diskusi dengan ibuk. Memang sih Bali itu indah banget, banyak destinasi tempat wisata yang ngga ngebosenin dan selalu ngangenin. Makanya kenapa orang tuh seneng banget datang ke Bali bolak-balik. Tapi kalau buat aku, Bali hanya menyenangkan untuk dijadikan tempat berlibur, kalau untuk tempat tinggal? Mungkin belum kali ya. Aku nya yang ternyata belum siap mental dan fisik dengan degala sesuatu yang ada di Bali. Jadi, aku memutuskan untuk tidak jadi pindah ke Bali dan membatalkan tawaran kerja dengan Villa Eden secara baik-baik. Eits, tapi jangan khawatir ceritaku ngga selesai sampai di sini aja. Karena biarpun aku memutuskan untuk ngga jadi pindah, tapi aku masih ingin berlama-lama di sini. Ya emang sih, niat awal bukan untuk liburan, tapi kalau udah terlanjur di Bali masa mau disia-siakan? Hahahaha.

Day 3

It's Tuesday.
Hari ini pagi-pagi aku check out dari penginapan dan pindah ke tempat tinggal Mila, lumayan kan ada tempat nginep gratis. Hari ke-3 di Bali ngga begitu banyak hal yang aku lakukan, bahkan emang ngga ngapa-ngapain sih. Seharian aku diem di kamar Mila, ngga kemana-mana karena Mila nya harus kerja, dan aku ditinggal. Bosen banget rasanya, tapi setelah Mila pulang kami menyusun beberapa rencana mau kemana malam ini. Aku sih pengen banget ke Pantai Kuta, lihat sunset. Tapi waktunya mepet banget, karena Mila pulang kerja jam 5 sore. Mila sih nyaranin kita ke Beachwalk, mall di pantai Kuta. Aku browsing, tempatnya keren banget. Tapi karena kami kebanyakan mikir, ngga jadi deh pergi ke Beachwalk karena uda kemaleman. Hahaha cewe ya, biasa. Akhirnya kami pergi ke tempat yang deket-deket aja dari rumah Mila. Setelah browsing sana sini, kami pilih 9/11 Cafe sebagai tujuan. Lihat interiornya sih keren gitu, dan harga makanannya juga lumayan lah terjangkau, sekitar IDR 20,000 up. Actually, I'm not a cafe-girl-typed sih ya. Jadi begitu masuk ke dalam, berasa canggung gitu karena emang ngga biasa ngafe. Tapi, lihat interior cafe nya keren banget men, cocok sih buat foto-foto. Salah satu tujuan aku dan Mila ke sini kan cuma buat foto-foto, bukan mau makan cantik atau ngemil hahaha.
9/11 Cafe and Concept Store. (Google image)
Cozy banget kan tempatnya. (Google image)
Outdoor (Google image)

Day 4

Wednesday.
Hari ini aku ditinggal Mila lagi di rumah, karena dia harus kerja. Oh iya, kantor si Mila itu ada di lantai satu. Jadi kamar dan kantornya itu satu bangunan. Lantai satu adalah kantor, lantai 2 kamar khusus karyawan. Tapi hanya Mila yang nempatin, karena karyawan yang lain penduduk asli Bali semua. Jadi ya, aku bener-bener ngga bisa kemana-mana selama jam kerja. Hari ini Mila ditugasin Pak Bos buat jemput anaknya sekolah, yang aku tahu sih setiap hari memang Mila suka disuruh jemput anak Pak Bos sekolah dan ngurusin mereka di rumah. Jadi Mila tuh udah kaya asisten super pribadi Pak Bos deh. Kali ini, karena ada aku jadi Mila ngajakin aku ke sekolah si adek, jemput dan ngantar dia ke rumahnya. Sekalian nemenin dia di rumah. Lokasinya jauh banget men, kasihan Mila tiap hari harus bolak-balik. Ada kali sejam perjalanan tuh, dari kantor ke sekolah terus dari sekolah ke rumah Pak Bos. Habis jemput si adek, nanti menjelang sore dia harus balik lagi jemput si kakak. Ckckckck. Akusih cuma bisa bilang Semangat ya Mil!

Day 5

Thursday yeay.
Hari ini aku ada janji dengan teman SMK ku yang ada di Bali. Ya, aku baru ingat kalau aku punya luamayan banyak teman di Bali hahaha. Dia rencananya sih mau ngajakin aku ke tempat-tempat wisata hits di Bali. Oh iya, temen aku namanya Rois dan Alan. Sebenarnya ada satu lagi, namanya Aini tapi di luar dugaan, Aini ngga bisa ikutan jalan bareng kami. Kami diskusi lumayan lama untuk memutuskan mau pergi ke mana. Aku sih pengen banget ke Tanah Lot ya, karena that's the iconic place in Bali. Tapi kata Rois, Tanah Lot itu ngga menarik, daripada nanti udah jauh-jauh ke sana dan nyesel jadi mending ngga usah ke sana aja. Then, Rois suddenly had an idea. Dia nyaranin kami pergi ke Pantai Melasti di daerah Ungasan. Katanya sih pantainya lagi hits banget di Bali. Aku cek instagram, dan whoa! Beneran keren men. Langsung aja aku setuju buat ke sana.

Perjalanan ke Pantai Melasti memakan waktu sejam dari Denpasar, pakai motor. Jalan utama ke Pantai Melasti searah dengan jalan mau ke Pantai Pandawa. Kami ngelewatin GWK dan Universitas Udhayana. Mendekati Pantai Melasti, makin terasa atmosfer yang begitu menenangkan. Jalan nya ngga ramai, ngga banyak kendaraan lewat, bahkan ngga ada. Jadi kawasannya masih sangat asri. Cuacanya cenderung panas sih, tapi terbayar ketika kita semakin mendekati kawasan pantai. Gila, so stunning men! Jadi letak pantainya itu ada di bawah, dan kami ada di atas melewati jalanan aspal yang berkelok indah diapit dengan dua bukit kapur yang lumayan tinggi. Ini asli, keren banget. Kami berhenti di sini, buat ambil gambar. Dan hasilnya.....

Sok candid nih hahaha
Candid yuhu
Maafkan wajah kami yang udah kucel
Puas ambil gambar di sini, kami akhirnya turun ke pantai. And what a stunning view I got! Pantainya baguuuuus banget, bersiiiiih banget, masih terjaga keasrian nya. Ombaknya gede, tapi bagus. Baru kali ini aku menikmati pergi ke pantai, ya asal ngga diajakin nyemplung aja sih. FYI! Aku takut ombak, banget. Ini ada beberapa gambar pantainya, aku ambil dari google. Pokoknya ini tempat recommended banget buat dikunjungi kalau kalian ke Bali. Ngga bakal nyesel deh, asli!

Ini jalan mendekati pantai

Ini penampakan pantainya dari atas
Puas banget kami main-main ke Pantai Melasti, mengagumi pemandangan indahnya, dan mensyukuri alam ciptaan Allah yang begitu menawan ini. Lain kali kalau ke Bali, aku pasti bakal mengunjungi Pantai Melasti lagi. Lokasinya cocok loh dijadiin foto prewed hahaha. Asli romantis nya dapet banget di sini. Kalian yang mau nikah dan bingung cari lokasi pemotretan, bisa banget nih ke sini. Ngga bakal mengecewakan. Oops!

Habis dari Pantai Melasti, kami main lagi ke Pantai Pandawa yang masih sejalur dengan jalan pulang. Beda dengan Pantai Melasti, Pantai Pandawa terlihat lebih padat oleh pengunjung. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke sini. Bahkan ada banyak rombongan dari luar kota datang ke sini. Tempat parkir hampir penuh dengan bus pariwisata. Saking rame nya, sampai banyak yang berebut berfoto di tulisan 'Pantai Pandawa'. Antri men. Aku mau foto susah banget, kalah sama ibu-ibu rombongan.
Jadinya ngga maksimal gini

Foto di salah satu icon Pandawa

Well, hari ini aku puas banget akhirnya bisa jalan-jalan ke tempat wisata di Bali setelah beberapa hari kemarin hanya diam di kamar Mila ngga kemana-mana. At least, aku senang bisa melihat indahnya Bali biarpun baru di dua tempat aja, dan biarpun pulang-pulang dimarahin abis-abisan sama pacar aku gara-gara aku main nya cuma sama temen-temen cowo dan dia aku cuekin. FYI! Pacar aku itu cemburuan banget, but that's the cutest part of him. Kok jadi curhat gini hahaha. Anyway terimakasih buat Rois dan Alan udah ngajak jalan-jalan, dan Alan juga diambekin istrinya karena jalan ngga ngajak-ngajak hahaha.

Day 6

Friyeay!
Udah hari ke-6 aja, sebentar lagi pulang. Hari ini aku memanfaatkan waktu dengan cuci baju dan mulai packing. Seperti biasa, aku ditinggalin lagi sama Mila di kamarnya seharian. Aku banyak menghabiskan waktu dengan chatting sama pacar aku. Setelah kemarin berantem hebat, dan masih berlanjut hari ini, semakin parah. Bikin aku sedih seharian. Tapi kami masih saling berusaha menyelesaikan masalahnya. Sampai akhirnya Mila pulang kerja, dan aku banyak curhat ke dia.

Day 7

Saturday :(
Pintu masuk Krisna (Google image)

Hari ini aku ngajakin Mila buat cari oleh-oleh sepulang dia kerja. Tapi, Denpasar diguyur hujan men. Ngga main-main, hujan nya deres banget. Pas sudah agak reda, biarpun masih lumayan deres, akhirnya kami nekat aja. Terjang! Ngga apa-apa deh kebasahan. Kami pergi ke pusat oleh-oleh terkenal di Denpasar, yaitu Krisna. Tempatnya gede banget, dan lengkap banget. Mau cari apa aja ada. Makanan, baju, sepatu, sandal, tas, baju adat, mukenah, body care and spa, ah pokoknya lengkap banget. Yang paling aku suka, ada banyak sekali tas-tas keren di sana. Kalau ngga ingat tujuan ke sini mau beli oleh-oleh buat orang rumah, mungkin aku udah asal comot tas buat aku sendiri kali. Hari ke-6 di Bali berakhir dengan lumayan, ngga buruk-buruk amat biarpun lagi beranteman.

Day 8

Last day :')
Yahh, udah last day aja. Mila hari ini libur, karena ini hari Minggu. Jadi kami memanfaatkan hari terakhir ku di Bali untuk jalan-jalan. Kami pergi ke Big Garden Corner, tempat wisata berupa taman. Isinya ada beberapa miniatur bangunan bersejarah, seperti Candi Borobudur dan Stonehenge. Tiket masuknya cuma IDR 25,000 dan kami dapat voucher yang bisa ditukarkan dengan Gelato atau makanan dengan harga serupa. Ada banyak spot buat foto-foto di sini. Tempatnya juga cocok buat piknik dan bersantai. Suka banget pokoknya ke sini.

Candid parah
Me and Mila. Asli aku item banget.
Makan Gelato
Big Garden Corner
Udah puas jalan-jalan di Big Garden corner, akhirnya kami pulang, karena uda menjelang sore juga. Aku harus ngecek apa yang belum dipack. Aku memutuskan untuk pulang naik bus kali ini, karena aku lihat harganya lebih terjangkau.

Well, the time's coming! Pukul 19.30 WITA Mila nganter aku ke terminal Ubung, dan kami cari bus sama-sama. Waktu itu sih kami langsung disambut beberapa calo, dan mereka nunjukin bus yang mau ke Surabaya. Katanya sih itu bus terakhir, karena aku ngga pernah naik bus dengan tujuan yang jauh jadi aku percaya aja. Akhirnya deal dengan bus yang tadi di bilang Pak Calo, kebeli deh tiketnya dengan harga IDR 210,000. Sangat jauh selisihnya dengan yang aku lihat di website jadwal bus yang cuma IDR 160,000. Sedikit kaget, tapi oke lah pikirku daripada ngga dapat bus buat pulang karena udah malam juga kan. Sebelum masuk ke dalam bus, si Mila menangis haru biru, karena dia sedih banget aku ngga jadi stay di Bali. Dia kecewa banget, tapi ya mau bagaimana lagi. Nanti lain waktu aku pasti bakal balik lagi ke sini kok.

Begitu masuk ke dalam bus, aku lihat penumpangnya baru satu, jadi dua dengan kehadiranku. Aku ngga yakin ini bus bakalan langsung berangkat dengan penumpang yang hanya dua, dan benar saja. Aku nungguin berjam-jam sampai bus penuh. Tepat pukul 00.00 WITA bus berangkat. Bayangkan, lelah aku nungguin dari jam 19.30 sampai tengah malam begini. Dalam perjalanan aku dapat teman ngobrol, yaitu ibu-ibu yang duduk di seberang. Pas kami berhenti di Situbondo untuk sarapan, ibu itu bertanya berapa harga tiketku. Aku jadi heran, kenapa dia tanya begitu, ternyata harga tiket yang dipunya si ibu berbeda dan 2x lipat lebih murah dari harga tiketku. Aku merasa tertipu. Karena kejadian ini juga, aku jadi kapok naik bus. Lain kali kalau ke Bali mending naik pesawat atau travel. Tips juga buat kalian yang mau travelling ke Bali naik bus, mending pesen tiketnya di travel agent jauh-jauh hari, biar kalian ngga ditipu seperti ini.

Perjalanan Bali-Surabaya cukup melelahkan. Akhirnya setelah 12 jam lebih aku duduk di dalam bus, sampai juga di Surabaya. Capek men, duduk 12 jam itu. Aku memesan Uber Taxi untuk mengantarku sampai kos dan beristirahat dengan tenang.

Well, pengalaman selama satu minggu di Bali ini sangat berkesan. Banyak hal yang aku dapat dan aku jadikan pelajaran. Terutama ketika aku dengan cerobohnya mengambil keputusan untuk pindah ke Bali, tapi akhirnya ngga jadi karena ternyata aku belum siap. Aku udah mengusung separuh dari barang-barangku, and that's a kind of a waste. Ini ngga cuma buat aku aja yang mengalami, tapi buat kalian juga yang baca, kalau kalian ingin mengambil sebuah keputusan pikirkan dengan matang dan baik-baik. Apa resiko terburuk yang akan kalian dapat, dan bagaimana mengatasinya. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pengambilan sebuah keputusan. Jangan sampai kalian salah langkah, dan menghabiskan waktu kalian dengan percuma karena keputusan yang salah. Semoga pengalaman yang aku ceritakan dapat membawa manfaat buat kalian.
Thank you and happy reading.